ads

16 keterampilan yang sulit dipelajari tetapi akan membuahkan hasil selamanya

 



Ibumu mungkin sudah mengajarkan sebagian besar hal seperti minum vitamin, istirahat yang cukup, dan tidak memasukkan pisau mentega ke dalam pemanggang roti. Namun, selain dari hal-hal dasar tersebut, sebagian besar dari kita menjalani hidup tanpa manual, mengalami pasang surut, dan belajar dari waktu ke waktu.

Secara teori, kita tahu harus siap menghadapi apa pun, tetapi kenyataannya, kita semua kadang merasa tidak mampu menghadapi semua rintangan yang datang. Tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak dalam situasi yang membutuhkan keterampilan hidup yang kamu harap sudah kamu pelajari sebelumnya. Berikut adalah beberapa keterampilan yang sulit dipelajari tetapi akan selalu memberikan hasil.

Nomor 1: Pertanggungjawaban

Saat sesuatu yang baik terjadi, orang cenderung mengambil pujian, tetapi ketika hal buruk terjadi, mereka merasa menjadi korban. Penting untuk bertanggung jawab atas pengalamanmu. Seringkali hal tersebut merupakan akibat dari tindakanmu. Terkadang tindakanmu tidak menghasilkan sesuatu yang diinginkan, melainkan sebaliknya. Belajarlah dari tindakanmu agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan.

Nomor 2: Berpikir Kritis

Kita dihadapkan pada ribuan informasi setiap hari yang jauh lebih banyak daripada yang bisa dihadapi kakek buyut kita. Mampu memilah yang berharga dari yang tidak penting, menganalisis relevansi, dan makna informasi serta kaitannya sangat penting. Berpikir kritis adalah keterampilan yang dapat membedakanmu dari orang lain.

Nomor 3: Pengambilan Keputusan

Jembatan dari analisis menuju tindakan adalah pengambilan keputusan yang efektif. Mengetahui apa yang harus dilakukan berdasarkan informasi yang ada, tanpa bersikap kritis, bisa berbahaya. Mengambil tindakan cepat dan efektif adalah ciri khas pelaku yang cerdas.

Nomor 4: Mencari Informasi

Tidak ada yang diharapkan mengetahui segala sesuatu. Kamu tidak perlu mengetahui segalanya, tetapi kamu harus bisa dengan cepat menemukan apa yang kamu butuhkan. Ini berarti belajar menggunakan internet, perpustakaan, membaca secara produktif, dan memanfaatkan jaringan kontakmu.

Nomor 5: Menulis Secara Profesional

Menulis secara profesional sangat penting, mulai dari surat lamaran hingga email layanan pelanggan. Menulis dengan jelas akan membuat pesanmu dihargai, bahkan ketika tidak berbicara langsung.

Nomor 6: Konsistensi

Apakah kamu sedang menjalani rutinitas baru atau mengerjakan proyek penting, konsistensi sangat penting untuk mempertahankan kesuksesan. Orang sering berhenti bekerja keras ketika mencapai puncak, tetapi untuk mempertahankan posisimu, kamu harus bekerja lebih keras dan lebih konsisten.

Nomor 7: Mengomunikasikan Kebutuhan

Teman, keluarga, dan rekan kerja tidak bisa membaca pikiranmu. Kamu perlu mengomunikasikan kebutuhanmu dengan jelas dan ramah. Semakin sering kamu menggunakan bahasa komunikasi yang baik, semakin banyak kemanusiaan yang akan kamu temukan di dunia sekitarmu.

Nomor 8: Mengetahui Kapan Harus Diam

Menyimpan pikiran untuk diri sendiri ketika sedang gelisah adalah salah satu keterampilan paling berharga dan sulit dipelajari. Meskipun terasa menyenangkan untuk melepaskan beban, perasaan tersebut hanya sementara. Lebih baik diam dalam beberapa situasi, terutama saat seseorang terlalu kesal untuk mendengarkan.

Nomor 9: Meminta Bantuan atau Nasihat

Meminta bantuan tidak membuatmu lemah. Penelitian menunjukkan bahwa meminta nasihat sebenarnya membuatmu terlihat lebih mampu. Mengakui kecerdasan atau keahlian orang lain bisa membuat mereka merasa dihargai.

Nomor 10: Menerima Pujian dan Kritik

Banyak orang merasa sulit menerima pujian atau kritik yang membangun. Belajar mengucapkan terima kasih saat menerima pujian dan melihat kritik sebagai umpan balik akan sangat membantumu.

Nomor 11: Bernegosiasi

Keterampilan negosiasi yang baik dapat menghemat banyak uang dalam berbagai bidang kehidupan. Mulai dari menegosiasikan kontrak hingga membeli rumah, keterampilan ini bisa sangat berguna jika kamu tahu cara melakukannya.

Nomor 12: Berbicara di Depan Umum

Kemampuan untuk berbicara dengan jelas dan persuasif di depan audiens adalah keterampilan penting. Keterampilan ini akan membuatmu terlihat lebih percaya diri dan menarik. Praktik secara teratur adalah kunci untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Nomor 13: Melacak Pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran, kamu akan tahu ke mana sebagian besar uangmu pergi dan bagaimana melakukan penyesuaian di masa depan. Ini bisa menjadi peringatan untuk menghentikan pengeluaran yang tidak perlu.

Nomor 14: Belajar Bahasa Baru

Ada banyak alasan untuk belajar bahasa kedua. Berbicara dalam bahasa asing meningkatkan fungsi otakmu, menjadikannya latihan otak utama, dan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kecerdasan.

Nomor 15: Menunjukkan Rasa Syukur

Menunjukkan rasa syukur adalah cara yang bagus untuk mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan. Ungkapan rasa terima kasih bisa sangat berarti, baik untuk dirimu maupun orang lain.


Nomor 16: Tetap Hadir di Saat Ini

Belajar untuk hidup di saat ini akan mengurangi ketidakbahagiaan dan membuat hidupmu lebih bahagia dan mudah. Hal terbaik dalam hidup mungkin gratis, tetapi membutuhkan waktu, keringat, dan ketekunan untuk memperolehnya.


Comments

Popular Posts